Wisata Alam Bangka Belitung (Babel)



Kepulauan Bangka Belitung biasa di singkat dengan BABEL terletak di sebelah barat Sumatra. Jika dahulu kedua pulau ini dikenal dengan hasil tambang timahnya tetapi sekarang dengan keindahan alamnya yang merupakan salah satu daya tarik anda untuk berkunjung ke Provinsi Bangka Belitung, keindahan tersebut didapat dari Batu yang berserakan di tepi laut. Batu jenis geranit tersebut dengan berbagai macam ukuran baik yang kecil maupun yang besar sebesar bangunan dan pantai pasir putih.

Bangka belitung mulai terkenal sebagai objek wisata semenjak anda film Laskar Pelangi yang dibuat disana, menjadikan salah satu tempay Destinasi Wisata yang masuk daftar Traveler yang wajib di kunjungi, baik bagi mereka yang mencintai Alam maupun para pengemar foto untuk mencari objek foto yang menarik.
Pulau Bangka.
Pantai Parai Tenggiri. 


Dengan pasir putih yang bersih, tempat wisata panatai ini sangat populer sehinga banyak wisatawan yang berkunjung terutama pada saat libur weeked. Tetapi kebersihan panatai tetap terjaga dan tertata rapi.

Pantai Matras. 
Wisata Alam Bangka Belitung (Babel) Pantai Matras

Pantai ini terbagi menjadi dua wilaya wisata, wilaya utara merupakan hamparan pasir putih dan wilaya selatan merupakan gugusan bebatuan yang indah dan menarik untuk dilihat. Nama lain dari pantai ini adalah Pantai Surga karena keindahan pantainya yang merupakan panatai pasir putih terpanjang di Bangka Belitung dekat dengan pantai Parai.

Pantai Tanjung Pesona
Wisata Alam Bangka Belitung (Babel)  Pantai Tanjung Pesona

Lokasi tempat wisata indah ini berada di desa Rambak, berjarak sekitar 9 KM dari kota Sungai liat di provinsi Bangka Belitung. Tempat wisata yang ditawarkan adalah pesona bebatuan granit yang berserakan di tepi pantai. Ada jembatan dermaga yang eksotis dan unik, menambah suasana pantai semakin indah.  

Pulau Belitung, terdapat beberapa tempat wisata alam pantai yang dapat di kunjungi antara lain:
Pantai Tanjung Tinggi
Pantai Tanjung Tinggi

Pantai ini memiliki pasir putih dan gugusan batu granit yang berjejer baik batu yang besar maupun batu kecil yang tersusu secara alami.

Pulau Gosong (Pulau Pasir)

Wisata Alam Bangka Belitung (Babel) Pulau Gosong(Pulau Pasir)

Pulau gosong adalah satu-satunya pulau pasir yang ada di Belitung. Pulau ini memang agak aneh tapi nyata ini hanya bisa dinikmati pada waktu tertentu. Agar dapat untuk melihat dan menikmati pulau ini, anda harus diwaktu yang tepat, karena kadang-kadang pulau ini tampak dan timbul ketika air laut sedang surut dan sebaliknya jika airnya sedang pasang. Sejatinya dipulau ini memang tidak ada apa-apa selain pasir putihnya. Sebelum anda menyeberangi pulau Lengkuas, maka anda akan melewati pulau gosong pasir yang merupakan daratan kecil muncul di permukaan laut keistimewaan tempat ini adalah merupakan tempat bintang laut yang besar besar berkumpul, jika ingin melihat bintang laut ini anda harus berkunjung sebelum waktu sore hari karena pada waktu sore hari tempan ini akan tertutup air laut yang pasang

Pulau Lengkuas
Wisata Alam Bangka Belitung (Babel) Pulau Lengkuas
 
Dipulau ini terdapat mercusuar keunikan mercusuar ini berda di pulau tidak seperti mercusuar lain yang berada ditepi pantai, kalau mau kesana anda akan menyeberang selama kurang lebih 45 menit dengan kapal. Pulau Lengkuas ini sangat terkenal dengan mercusuar yang dibangun oleh Belanda tahun 1882, selain menikmati pantainya para wisatawan juga bisa naik ke atas mercusuar tersebut untuk menikmati pemandangan pulau lengkuas dari ketinggian. Anda bisa menuju ke Pulau Lengkuas ini dengan menggunakan perahu dari Pantai Tanjung Kelayang dan sebelumnya mampir dulu ke Pulau Pasir.

Itu hanyalah sebagian tempat wisata di Bangka Belitung yang cukup menarik untuk dikunjungi, selain itu tentunya masih banyak lagi tempat yang indah dan menarik untuk anda eksplorasi lebih lanjut di Bangka Belitung. Tidak perlu berpetualang ke Eropa atau Amerika untuk mencari pantai dengan mercusuar yang menjulang tinggi dan gagah di sekitar pantai. Cukup ke Bangka Belitung dan kunjungi Pulau Lengkuas. 

Untuk menuju pulau ini kamu dapat memilih diantara dua akses yang tersedia. Pertama, melalui Tanjung Binga yang memakan waktu 30-45 menit atau Tanjung Kelayang yang relatif sedikit cepat, yakni 30 menit. Pulau ini relatif kecil hanya hanya memiliki luas kurang dari 1 hektar, Tapi meski kecil Panorama pulau Lengkuas ini tidak perlu diragukan lagi. 

Tanjung Kelayang.
Wisata Alam Bangka Belitung (Babel) Tanjung Kelayang

Panatai ini terletak di sebelah utara Tanjung Pandan Belitung. Batu besar yang berwarna putih tersebut dinamakan Batu Garuda terletak di tengah laut yang merupaka icon unik dari Tanjung Kelayang.

Labels: