Tempat Wisata Pantai Di Aceh

Pantai Di Provinsi Aceh

Aceh dengan julukannya kota serambi mekah, setelah terjadinya bencana alam tsunami di Aceh tanggal 26 Desember 2004, derap jantung kota ini sempat terhenti. Masyarakat dan pemerintah aceh berusaha bangkit dari musibah bancana alam yang telah melulu lantakkan pembangunan aceh. Namun seiring dengan pulihnya kegiatan ekonomi dan masyarakatnya, geliat  kehidupan dalam masyarakat pun ikut kembali pulih. Provinsi Aceh pun kembali bangkit dan menata sektor perekonomian dan pariwisatanya serta sektor laiannya dengan baik. Banyak obyek wisata yang tak kalah menarik dari kota-kota lain yang ada di Indonesia. Berikut saya informasikan tempat wisata pantai menarik di Aceh yang mungkin dapat menjadi referensi traveler dalam menikmati perjalanan wisata indonesia.

Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk ini memiliki pasir putih yang lembut dan tebing karang yang ada di ujung pantai, dan garis pantai sepanjang 5 km dari arah selatan ke utara. Pantai Lampuuk adalah salah satu tempat wisata yang bisa disebut Pantai Kuta di Aceh. Banyak orang datang untuk menikmati keindahan tempat wisata yang satu ini. Terdapat banyak kegiatan yang bisa anda lakukan di pantai ini, seperti bermain selancar, berenang, bermain banana boat, dan berjemur. 

Pantai Kuala Merisi

Kuala Merisi merupakan sebuah tempat untuk menikmati pantai dengan suasana yang tidak terlalu ramai juga tenang. Berada di Desa Ketapang, Kecamatan Krueng Sabee. Dengan garis pantai yang panjang dan ombak yang kecil pantai Kuala Merisi sangat cocok untuk bermain air di tepian pantai. Anda bisa menikmati deburan ombak dari tepi pantai sambil anda berfotoria atau sambil menggelar tikar, merasakan hawa sejuk hembusan angin pantai. Tak jarang pula tempat wisata yang satu ini dijadikan untuk lokasi berselancar karena ombaknya sangat cocok untuk olahraga air. 

Pantai Iboih 

Tak dipungkiri jika Aceh dianugerahi dengan pantai yang indah dan cantik. Pantai iboih terletak dipulau Weh dengan memiliki airnya sangat jernih sehingga anda dapat melihat keindahan alam bawah laut dari atas perahu. Pantai Iboih dengan pasir putih dan laut yang begitu jernih berwarna hijau toska atau biru cerah, dengan keadaan alam yang tenang dengan suasananya yang nyaman akan menyempurnakan liburan anda.

Pantai Iboih dengan keindahan bawah laut yang dapat anda nikmati tanpa harus berenang sekalipun. Di sini anda bisa snorkeling dan diving. Saat anda snorkeling, anda akan melihat betapa indahnya batu karang dan kehidupan alam bawah laut, anda akan  terpesona dengan airnya yang bening. Jika anda belum puas bermain di dalam air, anda masih bisa menghabiskan waktu berpiknik di tepian pantai, di bawah nyiur yang begitu menyejukkan atau berjemur di bawah cahaya mentari.

Pantai Lhoknga

Lokasi Pantai Lhoknga tak jauh dari Pantai Lampuuk, berjarak sekitar 20 km dari Banda Aceh. Pantai Lhoknga memiliki pasir yang luas dan landai, cocok anda gunakan untuk berjemur atau bermain voli pantai. Di sini juga terdapat pepohonan yang rindang untuk tempat anda bersantai. Jika anda kurang puas bersantai dan berjemur, anda bisa mencoba berselancar di lautnya. karena Pantai Lhoknga memiliki ombak yang cocok untuk berselancar dengan ketinggian 1,5 - 2 meter. 

Pantai Ulee Lheue

Pantai Ulee Lheue hanya berjarak sekitar 3 km dari pusat kota Banda Aceh, tepatnya berada di Kecamatan Meuraxa. Kegiatan paling populer di pantai ini yaitu memancing. Di kawasan pantai ini banyak terdapat penjual alat pancing jika anda lupa membawa alan untuk memancing. Jika anda tak suka memancing, anda masih bisa menyewa perahu nelayan untuk berlayar di lautnya. Atau juga duduk santai di tepi pantai dan menikmati jagung bakar. Terdapat barisan pegunungan yang ada di seberang pantai, sehingga menambah keindahan Pantai Ulee Lheue.

Pantai Tapak Gajah

Pantai ini terletak tidak jauh dari pusat kota disini anda bisa melihat deretan batu karang yang indah. Pasir putih dan ombak yang tenang membuat anda bisa berenang disini sambil menikmati keindahannya. 


Pantai Gapang

Pantai ini terletak di Sabang, jarak dari kota Sabang ke Pantai Gapang adalah sekitar 17 Km. Jika anda berkunjung ke tugu nol kilometer maka anda akan melewati pantai ini. 

Pantai Sumur Tiga

Pantai ini terletak di Ie Meule, Sukajaya, Sabang, Pulau Weh, Aceh. Pantai ini memiliki tiga sumur air tawar yang terdapat di sepanjang pantainya oleh karena itu dinamakan pantai sumur tiga. 


Pantai Kasih
Seperti pantai-pantai sebelumnya di Aceh, Pantai Kasih memiliki pasir putih dan air yang jernih. Anda bisa menikmati pemandangan matahari tenggelam terlama disini sambil bersantai di bibir pantai yang luas

Pantai Anoi Itam

Pantai ini merupakan pantai dengan pasir hitam yang terletak di Sabang, jaraknya  sekitar 13 Km dari pusat kota. Meskipun berpasir hitam tetapi air lautnya juga jernih.

Pantai Ujong Batee

Jika di Pantai Kasih anda bisa melihat matahari tenggelam yang indah, di Pantai Ujung Batee ini anda bisa melihat matahari terbit yang sangat indah. Anda bisa bersantai maupun berjalan-jalan di Pantai ini 


Labels: