11 Pantai Paling Indah dan Eksotis Di Blitar jawa timur



Ini Lah 11 Pantai Paling Indah dan Eksotis Di Blitar jawa timur. Bagi Kamu yang menyukai pemandangan pantai tidak salahnya kamu juga berkunjung ke Kota Blitar, kota yang dikenal sebagai kota bersejarah karena di sinilah makam presiden pertama indonesia Ir. Soekarno dimakamkan dan juga dikenal memiliki banyak objek wisata indah dan eksotis yang menarik untuk dikunjungi, contohnya saja objek wisata Lawang Sewu yang tak hanya populer di Blitar namun juga di seluruh Jawa Timur.

kota blitar

Namun di sisi lain, kota Blitar juga memiliki banyak sekali potensi pariwisata khususnya wisata alamnya yang memiliki pemandangan yang keren. Meskipun keberadaan tempat-tempat tersebut tidak terlalu populer sehingga jarang diketahui dan dikunjungi. Akan tetapi tempat-tempat tersebut ternyata menyajikan pesona alam yang luar biasa sehingga layak disebut sebagai surga dunia yang tersembunyi. Dan berikut ini adalah 11 pantai yang bisa kamu kunjungi saat sedang liburan ke Blitar

1. Pantai Pasetran Gondomayit.
Nama pantai ini emang agak serem pantai gondomayit yang artinya bau mayit. Tetapi kamu akan lupa arti nama pantai tersebut jika sudah kesana melihat langsung keindahan panatai ini yang tidak sesuai dengan nama panatai. Pantai Pasetran Gondomayit ini masih berada berdampingan dengan Pantai Tambakrejo yang juga berada di desa yang sama. Atau lebih tepatnya Pantai Pasetran Gondomayit ini berada di sebelah timurnya Pantai Tambakrejo.

  11 Pantai Paling Indah dan Eksotis Di Blitar jawa timur

Untuk bisa tiba di pantai Pasetran Gondomayit dari pantai Tambakrejo kita bisa berjalan menuju ke arah timur. Dan akan melewati sebuah bukit dan sungai sebelum akhirnya tiba di lokasi pantai Pasetran Gondomayit. Karena lokasinya yang masih di kawasan yang sama, suasana diantara kedua pantai tersebut tak jauh berbeda. Meaki nama pantai Pasetran Gondomayit ini mungkin terdengar agak menyeramkan. Tapi, saat kamu datang ke pantai Pasetran Gondomayit yang akan kita dapatkan adalah hal sebaliknya, yakni keindahan pantai yang terhampar luas akan tersaji di depan mata anda.

2. Pantai Peh Pulo.Blitar, Jawa Timur
Pantai Peh Pulo adalah salah satu pantai favorit di blitar yang merupakan sebuah pantai berpasir kecoklatan. Lokasi pantai Peh Pulo ini sendiri berada di Desa Sumbersih, Panggung, Blitar. Kondisi air laut dan pasir pantai di pantai Peh Pulo ini relatif bersih, ditambah lagi di pantai peh pulo ini juga terdapat gugusan pulau karang yang membuatnya terlihat keren apalagi sebagai tempat "take a pictures".

Pantai Peh Pulo.Blitar, Jawa Timur

Dan untuk mendapatkan pengalaman maksimal saat menjelajah pantai Peh Pulo ini, kamu harus menjelajahi pantai dengan cara naik turun bukit agar kamu mendapatkan pemandangan yang menakjubkan dan sesuai dengan seleramu. Pemandangan yang tersusun dari batu-batu karang yang membentuk bukit-bukit kecil di perairan yang bila kamu lihat dari atas maka akan terkesan mirip pemandangan di kepulauan Raja Ampat di Papua Barat. 

Ombak di pantai Peh Pulo ini sendiri cukup tinggi sehingga kamu harus ekstra hati-hati jika ingin bermain-main air di sana. Layaknya Pantai Serang, Pantai Peh Pulo juga terbagi dalam beberapa bagian yang diberi nama yakni Pantai Wedhi Ombo, Pntai Wedhi Ciut serta Pantai Wedhi Kembar.

3. Pantai Pangi. Blitar, Jawa Timur
Lokasi Pantai Pangi yang cenderung sulit untuk diakses menggunakan kendaraan membuat pantai ini terlihat sepi dari kunjungan wisatawan. Pantai Pangi sendiri merupakan merupakan sebuah pantai berpasir putih keabuan yang beralamat di Desa Tumpakkepuh, Kecamatan Bakung. Atau berjarak sekitar 40 km perjalanan dari pusat kota Blitar.

pantai pangi belitar
Pantai Pangi ini memiliki gulungan ombak berukuran sedang sehingga tergolong aman untuk bermain. Lokasinya yang sepi dari aktivitas pariwisata juga telah membuat pantai Pangi ini bersih dengan berhiaskan area perbukitan di sekelilingnya.

4. Pantai Tambakrejo. Blitar, Jawa Timur
Sesuai dengan namanya, pantai ini berlokasi di desa Tambakrejo, kecamatan Wonotirto. Jaraknya sekitar 30 km perjalanan darat dari Pusat Kota Blitar. Pantai Tambakrejo ini memiliki pasir pantai berwarna kecoklatan yang bersih. Air di pantai Tambakrejo ini juga masih bersih dari sampah dengan kondisi ombak relatif sedang. 

11 Pantai Paling Indah dan Eksotis Di Blitar jawa timur

Pantai ini kami rekomendasi-kan sebagai destinasi wisata di Blitar karena memiliki pantai yang indah dengan warna biru yang berkilau nan jernih. Setiap tahun di wilayah ini juga diadakan ritual adat ‘Larung Sesaji’ sebagaimana kepercayaan masyarakat setempat terhadap keberadaan Pantai Selatan.
Pengunjung bisa juga menikmati pemandangan perahu-perahu nelayan yang bersandar di pantai dan sekaligus bisa berbelanja hasil laut di Tempat Pelelangan Ikan disekitarnya.
11 Pantai Paling Indah dan Eksotis Di Blitar jawa timur

Bibir pantai Tambakrejo ini cukup dangkal dan sehingga cukup aman sebagai tempat untuk bermain-main air. Pantai Tambakrejo ini merupakan salah satu pantai yang cukup terkenal di Blitar.
Keberadaan berbagai fasilitas penunjang seperti warung dan ruang ganti juga telah tersedia di pantai Tambakrejo ini. Nah jika kamu berkeinginan untuk berbelanja ikan segar maka juga ada sebuah pasar ikan yang berada tak jauh di sekitar Pantai Tambakrejo.

5. Pantai Serang Blitar, Jawa Timur
Keberadaan Pantai Serang menjadikan warga Jawa Timur, khususnya Blitar bangga hati. Pantai yang berada di pesisir Samudra Hindia. Lokasi pantai Serang Blitar ini berada di Desa Serang, Panggungrejo, Blitar. Berjarak sekitar 45 menit perjalanan dari pusat kota Blitar. Sama halnya seperti Pantai Jolosutro, Pantai Serang ini juga berpasir hitam. Pantainya sangat bersih dari sampah sehingga membuat kita akan merasa nyaman pada saat bermain-main dengan airnya.

11 Pantai Paling Indah dan Eksotis Di Blitar jawa timur
Pantai Serang Blitar ini juga terbilang sepi. Selain pesona sunset-nya yang eksotis, Pantai Serang juga sering mengadakan ritual tradisional yang sering disebut masyarakat jawa sebagai larung saji. Untuk mencapainya, kamu membutuhkan waktu tempuh sekitar ½ jama dari Kota Blitar. Di tempat ini kamu bisa bermain air sampai puas, foto-foto atau sekedar ngadem cantik. Pasirnya yang berwarna putih, membuat Pantai Serang berbeda dengan pantai lainnya di Blitar. Jadi sepertinya harus masuk dalam list destinasi wisatamu nih!

Pantai Serang Blitar sendiri terbagi atas tiga bagian, dimana masing-masing bagian tersebut dipisahan oleh bukit karang. Dan jika kamu melihat pantai Serang ini dari atas bukit, maka kamu akan mendapatkan landscape pemandangan pantai yang sangat luar biasa.

6. Pantai Jolosutro Blitar, Jawa Timur

11 Pantai Paling Indah dan Eksotis Di Blitar jawa timur
Pantai berpasir hitam ini menarik untuk kamu kunjungi sebab cukup bersih, meski masih sepi pengunjung. Di Pantai Jolosutro ini kamu bisa menikmati damainya suasana pantai dengan lebih leluasa. Pantai Jolosutro ada di sebuah teluk kecil yang terdapat di Desa Ringinrejo, Wates, Blitar.
Dari pusat kota Blitar, kamu membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk bisa tiba di lokasi pantai jolosutro ini. Pantai ini juga dikelilingi oleh batuan karang cadas yang turut serta menghiasi pemandangan pantai ini.

7. Pantai Gayasan Blitar, Jawa Timur
Di sebelah timur dari lokasi Pantai Pangi kita akan menjumpai sebuah pantai lain yang tidak kalah keren dengan Pantai Pangi. Pantai yang saya maksud adalah Pantai Gayasan yang memiliki pasir kecoklatan. Selain pasir coklat, Pantai Gayasa ini memiliki gulungan ombak yang cukup besar. Sehingga pantai ini bukanlah tempat yang tepat jika ingin bermain air, namun mungkin merupakan pilihan tepat jika anda berniat untuk melakukan selancar dan menaklukan ombak.

11 Pantai Paling Indah dan Eksotis Di Blitar jawa timur

Di sekitar area Pantai Gayasan ada sebuah sungai yang cukup dalam sehingga kamu bisa bermain air di sungai ini. Lokasi pantai Gayasan ini sebenarnya masih berada dalam satu desa dengan Pantai Pangi yakni beralamat di Desa Tumpakkepuh, Bakung, Blitar. Atau berjarak sekitar 1 km perjalanan dari lokasi Pantai Pangi.

8. Pantai Umbul Waru Blitar, Jawa Timur
Banyak wisatawan yang sudah mengatahui ada beberapa tempat wisata pantai yang memiliki air terjun, seperti di Yogyakarta, Malang dan juga pacitan. Ternyata di Blitar pun terdapat pantai yang memiliki air terjun, yaitu Pantai yang dikenal dengan nama Pantai Umbul waru. air terjun yang berada di sisi barat Pantai Umbul Waru ini. Dan saat air laut sedang surut, maka kamu bisa berjalan secara langsung ke lokasi air terjun untuk melihatnya dari jarak dekat.

11 Pantai Paling Indah dan Eksotis Di Blitar jawa timur

Lokasi pantai ini ada di Desa Sidomulyo, Bakung. Dan untuk bisa tiba di lokasi Pantai Umbul Waru kamu harus menuruni sebuah tebing. Meski memang sudah terdapat semacam tangga darurat dari kayu yang dapat dipakai saat menuruni tebing tersebut. Namun, hal tersebut tentu sangatlah jauh dari kesan aman. Belum lagi akses jalan yang harus kamu lalui saat menuju ke lokasi parkir. Medannya yang cenderung lebih cocok untuk olahraga kendaraan off road.

Pantai Umbul Waru ini memiliki tebing-tebing yang cukup menarik dan cantik untuk dilihat. Dari atas tebing ini anda bisa menyaksikan pemandangan laut yang luas dengan ombak yang cukup tinggi. Anda juga bisa menyaksikan burung-burung yang bermain dengan ombak diatas permukaan air. Sayangnya dipantai ini anda tak diperbolehkan untuk berenang karena ombak yang terlalu besar sehingga berbahaya bagi keselamatan anda.

9. Pantai Keben, Blitar, Jawa Timur

11 Pantai Paling Indah dan Eksotis Di Blitar jawa timur
Lokasi Pantai Keben ini berada di Desa Ngadipuro, Wonotirto, Blitar. Perjalanan yang akan kamu lalui saat menuju Pantai Keben tidaklah mudah namun justru itu mampu menghadirkan sebuah kepuasan bagi kamu pecinta petualangan. Pantai Keben memiliki pasir kecoklatan yang relatif bersih dari sampah. Relatif bersih dari sampah mungkin dikarenakan memang tidak banyak wisatawan yang berkunjung ke Pantai Keben ini dengan alasan bahwa akses menuju Pantai Keben yang tidak mudah. 

10. Pantai Pudak, Blitar, Jawa Timur

11 Pantai Paling Indah dan Eksotis Di Blitar jawa timur
Di Desa Ngadipuro, Kecamatan Wonotirto, Blitar, selain kamu ada Pantan Keben, kamu akan menjumpai pantai lainnya yaitu Pantai Pudak. Pantai Pudak ini berpasir putih kecoklatan dengan air laut yang terlihat kebiruan, membuat Pantai Pudak ini tampak eksotik. Serupa dengan jalanan menuju Pantai Keben, kondisi jalan menuju Pantai Pudak pun tidak terlalu bagus. Kondisi jalanannya berupa kombinasi antara jalanan aspal yang sudah rusak dan jalan makadam. Hanya saja, keindahan panorama Pantai Pudak tentu terlalu sayang untuk kamu lewatkan begitu saja. 

11. Pantai Pasur, Blitar, Jawa Timur
Pantai ini berada di Desa Bululawang, Bakung, Blitar. Pantai Pasur berada di perbatasan Blitar dengan Tulungagung. Pantai ini memiliki pasir kehitaman dan dengan area pantai yang cukup luas.
Meski berpasir hitam, namun air laut di Pantai Pasur ini cukup bersih cocok untuk dijadikan tempat bermain air laut.
11 Pantai Paling Indah dan Eksotis Di Blitar jawa timur

Memanglah banyak diantara pantai-pantai diatas lokasinya terpencil, dan sulit untuk dijangkau tanpa perjuangan. Oleh karena itu, saat anda bisa tiba dan merasakan kenikmatan menikmati suasana alam yang jauh dari keramaian, kamu akan benar-benar merasa puas. Cobalah untuk membuktikannya jika kamu punya waktu, uang, dan tenaga berlebih.

demikianlah info wisata 11 Pantai Paling Indah dan Eksotis Di Blitar jawa timur, semoga dapat bermanfaat bagi para traveler yang ingin mengunjungi objek wisata panatai yang berada di daerah belita dan dapat membantu meninggkatkan jumlah wisatawan lokal maupun manca negara

Labels: